Jumat, 06 April 2012

Tugas Softskill V Wawasan Nusantara

Unsur-unsur dalam Wawasan Nusantara :

Wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah lembaga dalam wujud infrastruktur politik.

Isi adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat pada pembukaan UUD 1945.

Tata Laku Wawasan Nusantara Mencakup Dua Segi, Batiniah dan LahiriahTata laku merupakan dasar interaksi antara wadah dengan isi, yang terdiri dari tata laku tata laku batiniah dan lahiriah.

Landasan wawasan nusantara merupakan wawasan yang dibentuk dan dijiwai oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dianut oleh Negara yang bersangkutan.

Fungsi wawasan Nusantara adalah pedoman, motivasi atau dorongan serta rambu-ranbu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan atau perbuatan, baik bagi penyelenggara Negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa.

Tujuan dari wawasan Nusantara adalah untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala bidang dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan pribadi, kelompok, golongan serta suku bangsa atau daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar